Resep Ayam panggang bumbu rujak, klo mau PEDES BANGET tinggal banyakin cabe rawitnya yaa

Masakan kemarin2 baru sempet diposting. Ayam panggang bumbu rujak ini bumbunya melimpah banget. cabe rawit segini jadinya “PEDES BIASA” aja, klo mau “PEDES BANGET” tinggal banyakin cabe rawitnya yaa

Yuk di coba resepnya bun, biar makin bersemangat makan nya sajikan dengan sambal dan lalapan sesuai selera.. Selamat mencoba ya.


Bahan-bahan:
1 ekor ayam
2 buah jeruk nipis
3 lembar daun salam
65 ml santan instan (1 bks santan kara kecil)
2 sdm air asam jawa
300 ml air
secukupnya minyak (utk menumis)
1-2 sdt kaldu bubuk non MSG
sdt garam
1 sdt gula pasir
3 batang serai
jari lengkuas (geprek)

Bumbu halus
8-10 siung bawang putih
12-15 siung bawang merah
10 buah cabe merah besar(buang biji)
10 buah cabe merah keriting
15 buah cabe rawit
3 butir kemiri (sangrai)
8 gram terasi (2pcs terasi ABC)
1/2 sdt merica
1/2 sdt jahe bubuk
1 sdt kunyit bubuk

Langkah dan Cara membuat:
  1. Cuci ayam sampai bersih, tusuk badannya dgn garpu. Lumuri dengan jeruk nipis, diamkan selama beberapa menit lalu cuci.
  2. Haluskan bumbu, lalu tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
  3. Masukkan air, santan dan air asam jawa aduk hingga mendidih agar santan tdk pecah.Tambahkan kaldu bubuk,garam dan gula.Tes rasa.
  4. Masukkan ayam, masak dgn api kecil sampai matang dan bumbu meresap. Jangan terlalu lama masaknya.
  5. Angkat ayam dari wajan lalu panggang di panggangan/teflon/oven. Sesekali olesi dengan bumbu. (Jangan terlalu sering dibalik)
  6. Ayam panggang siap disajikan dengan sambal dan lalapan.
  7. Resep Adelia Sharfina


Intip Tips Memasak Ayam Panggang Agar Matang Sempurna

Ayam panggang berbeda dengan sajian ayam goreng maupun ayam bakar. Proses memasak ayam panggang menggunakan oven atau panggangan.

Sajian ayam panggang menjadi istimewa karena rasa renyah pada kulit luar dan empuk pada bagian daging dalamnya.

Daging ayam yang diproses melalui dipanggang juga menghasilkan daging yang juicy. Namun terkadang dalam memanggang ayam mungkin Anda menemui kesulitan akibat daging ayamnya yang tidak matang merata.

Bisa jadi kulit ayam sudah matang cenderung gosong namun dagingnya belum matang ataupun sebaliknya. Dilansir dalam laman bimoli.com Jumat 1 April 2016 berikut tips memanggang ayam agar matang sempurna dan kulitnya terasa renyah.

1. Sebelum mengolah ayam pastikan ayam telah bersuhu ruangan. Jika ayam yang dipergunakan sebelumnya disimpan dalam freezer keluarkan terlebih dahulu agar tidak beku. Biasanya ayam tersebut agar sesuai dengan suhu ruangan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Jika ayam dalam keadaan dingin lalu dipanggang maka yang terjadi hasilnya tidak akan matang merata.

2. Agar kulit ayam panggang renyah, keringkan terlebih dahulu kulit ayam dengan tisue sebelum dibumbui. Selanjutnya olesi seluruh permukaan kulit dengan mentega tawar yang telah dilelehkan sebelumnya.

3. Selipkan mentega, irisan bawang putih, bawang merah, perasan jeruk lemon, serta rempah lainnya di bawah kulit ayam. Anda juga dapat menambahkan irisan bumbu dan rempah tersebut ke dalam badan ayam. Bumbu tersebut dapat membuat sajian ayam panggang semakin kaya cita rasa. Jangan lupa juga untuk menambahkan taburan garam dan lada bubuk.

4. Jika Anda memanggang ayam dalam keadaan utuh sebaiknya taruh ayam dengan posisi dada dibagian bawah pada awal pemanggangan. Di tengah durasi, balik ayam dan diamkan hingga ayam matang. Proses pemanggangan tersebut membuat ayam tetap lembab dan tidak kering.

5. Selama pemanggangan, tutupi ayam dengan kertas aluminium, sehingga kelembaban pada daging ayam tetap terjaga. Setelah ayam hampir matang, buka kertas aluminium dan panggang ayam hingga matang dan kulitnya menjadi renyah serta berwarna keemasan.

6. Ukurlah suhu dalam bagian ayam menggunakan termometer daging. Apabila suhu ayam telah mencapai sekitar 75°C, maka ayam telah matang. Atau dengan cara lain yaitu miringkan daging ayam dan cairan dari daging akan keluar. Jika cairan daging masih berwarna merah tandanya ayam belum matang, namun sebaliknya jika cairan ayam bening maka ayam telah matang.

7. Setelah ayam matang keluarkan dari oven dan diamkan ayam sekitar 15 menit. Hal tersebut dilakukan agar cairan ayam kembali meresap dan daging ayam menjadi lembut.

Sajian ayam panggang Anda akan semakin nikmat dengan pemberian bumbu-bumbu yang tepat. Anda juga dapat mengkreasikan sajian ayam panggang dengan tambahan dressing sauce.
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]