Resep Bolu Karamel / Sarang Semut 5 Telur No Mixer

Bismillah..,buat pecinta bolu karamel, cobain resep ini deh. InsyaAlloh ngga nyesel ya,,, ayo #beranibaking 💪💪👍 rasanya enak, kenyal dan wangi karamelnya terasa. Gampang jg g usah pake mixer. Ada yg tanya gula pasirnya bener 500 gram..iya bener, karena sesuai jumlah telurnya yg 5 biar didapat wangi karamel yg nendang. Dapet resep ini dari ci jun xanderkitchen. Dari baca resepnya udah percaya ini sesuai apa yang di harapkan.


Resep Bolu Karamel / Sarang Semut 5 Telur No Mixer

Bahan-bahan
500 gr gula pasir
500 ml air panas
5 btr telur ayam
200 ml susu kental manis putih
150 gr terigu
150 gr tapioka / sagu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanili bubuk
200 gr margarin, lelehkan

Langkah

  1. Panaskan gula pasir diatas wajan dgn api kecil, biarkan sampai meleleh semua.
  2. Tuangkan air panas sedikit2 aja karena nanti akan nggejos. Aduk pelan sambil tuang sisa air. Setelah rata matikan api. Dinginkan.
  3. Lelehkan margarin, dinginkan.
  4. Campur telur dan susu kental manis dgn whisker sampai rata.
  5. Masukkan sepertiga bagian ayakan tepung dan bahan kering lainnya, aduk rata.
  6. Masukkan sepertiga bagian karamel sambil diaduk, masukkan tepung kembali lalu karamel jadi selang seling ya...lakukan sampai semua habis.
  7. Terakhir masukkan margarin leleh...pakai mentega boleh bgt ya, wanginya bakal lebih harum..tapi ini pake margarin jg enak banget loh, murah jg..
  8. Tuang adonan ke loyang ukuran 22, saya loyangnya ternyata bocor agak deres di sambungan bawahnya karena adonan kan encer ya. Jadi saya tambal bawahnya pake tepung walopun masih bocor setidaknya mengurangi. Nanti saat dipanggang insyaAlloh berhenti krn mulai memadat.
  9. Oven sampai matang, kalo saya sekitar 60 menit. Suhu 180 dercel. Jangan lupa tes tusuk ya pake lidi sate, kalo ada bekas lengket tandanya belum matang. Setelah matang tunggu agak dingin di loyang. Saya masih panas sudah dipaksa balik dikeluarkan jadinya gompel bawahnya. Keburu mendung, nanti gelap difoto..
  10. Ini bagian atasnya
  11. Taraa...alhamdulillah, kenyel, wangi karamel, enak bgt...sesuai ekspektasi hehe. Cobain ya, semoga berhasil.
  12. Ini tutorial gridnya ya, smg membantu...

Sumber : Diyah Kuntari
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]