Resep Getuk Gulung Yang Simple Enak Dan Nikmat

Saya menggunakan setengah resep getuk gulung dari blog dapur 3D. Untuk cara menggulungnya saya pakai cara saya sendiri. Di bawah ini resep yang saya gunakan.


Resep Getuk Gulung Yang Simple Enak Dan Nikmat

Bahan-bahan

1 kg singkong, kupas lalu kukus sampai matang
90 gr gula pasir
2 sdm peres margarin
1/8 sdt vanilla susu (merk L'arome), optional
Secukupnya pasta/pewarna makanan (saya pakai pewarna ungu)
Bahan taburan (kukus 15 menit):
1/2 butir kelapa, parut
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan

Langkah

  1. Kukus singkong sampai matang, angkat. Dalam kondisi masih panas, haluskan singkong lalu campur dengan margarin, gula, dan vanilla, aduk (uleni) sampai tercampur rata.(Bisa pakai food processor atau ulekan)
  2. Bagi adonan menjadi 2. Satu biarkan polos, satunya lagi beri pewarna ungu, uleni sampai warna tercampur rata.
  3. Gilas tipis adonan yang dialasi dengan 2 buah plastik. (1 plastik di bawah adonan, 1 plastik lagi di atas adonan. Gilas menggunakan rolling pin. Bentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama.
  4. Ambil plastik yang menempel di adonan, kecuali yang di bagian bawah adonan putih. Tumpuk adonan yang sudah digilas dambil ditekan-tekan supaya menempel. (Adonan putih di bagian bawah dan adonan ungu di atasnya).
  5. Gulung adonan pelan-pelan sambil dipadatkan dengan tangan. (Bisa juga dipadatkan dengan bantuan scraper seperti gambar)
  6. Adonan selesai digulung.
  7. Potong-potong getuk.
  8. Taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus.
  9. Getuk gulung siap disajikan.

Sumber : Merra Bawati
#Iklan
close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]